Selasa, 02 November 2010

Tips menghilangkan stress bagi mahasiswa

Diposting oleh Raissa Indah Hanjani di 06.10
Reaksi: 
Yah permasalahan stress ketika kuliah memang bisa dibilang permasalahan klasik, ketika Nilai-nilai kita jatuh, ketika sulit untuk mengikuti materi kuliah,menghadap ujian semester, ketika sibuknya mengatur waktu (bagi yang aktivis), tuntutan dari Orangtua agar ip anaknya selalu bagus. Tidak sedikit mahasiswa yang mengatasi masalah ini dengan cara2 yang justru malah merusak mereka. Narkoba lah., Dugem lah (Gua anti dugem bro), atau apalah yang bisa menjerumuskan kita dan tubuh kita, (amit-amit deh)

Nah berikut ini tips-tips yang mungkin sedikit banyak bisa meringankan gejala stress yang mungkin “diderita” teman-teman (termasuk mungkin saya :-P )


.    1. Cobalah untuk Terbuka dengan pergaulan yang positif, dalam artian ke dalam pergaulan yang bisa mengarahkan kita ke arah lebih baik. Jadi disini intinya kita harus pandai dalam memilih teman.

.   2. Pintar-pintarlah membagi waktu istilah kerennya adalah coba pahami yang namanya “manajemen waktu”, kapan kita harus kuliah, kapan kita harus berorganisasi dan kapan kita harus bersosialisasi. Yang penting dahulukan sesuatu yang emang menjadi prioritas, jadi ke depannya kita gak bakalan bingung menghadapinya.

      3. Cobalah untuk sharing dengan sahabat/teman yang kamu percaya, sikap introvert (tertutup) terkadang gak bagus untuk masalah ini.

     4. Pergilah ke sejenak ke tempat-tempat yang bisa merilekskan fikiran, entah ke mall sambil belanja kalau ada uang tapi kalau gak ada uang ya cukup cuci mata lah, nonton bioskop, ke toko buku, atau sejenak berwisata rame-rame ama teman pasti akan membuat kita menjadi lebih rileks (ingat ya sejenak, jangan lama2 looh).

5. Pola makannya yang teratur ya (hehe padahal saya sendiri, pola makannya gak teratur kalau lagi stres, ya sedang mencoba laaahhh )

      6. Selingi perkuliahan dengan mengembangkan hobi kalian, misalnya saja ada yang suka ngeband, tari, memancing atau apa saja yang kalian sukai karena biasanya hobi adalah penghilang rasa stres

      7. Konsultasilah dengan dosen pembimbing, mintalah saran dan nasehat beliau. Sebagai seorang pembimbing mahasiswa, pasti beliau pernah menangani “kasus klasik” seperti stress pada saat kuliah. Saya yakin sesibuk apapun seorang dosen pembimbing, pasti mereka akan memberikan waktunya untuk mahasiswanya.

       8. Kenalilah dosen yang mengajar kita, seperti apa cara mengajarnya, bagaimana sifatnya, apakah dia termasuk orang yang suka to the point atau suka dengan hal-hal yang berbau penjabaran karena ini nantinya dapat menjadi acuan kita ketika menjawab ujian.

         9. Jangan malu untuk mengajak belajar bareng, suasana inilah yang saat2 ini jarang terlihat di lingkungan mahasiswa. Dengan belajar bareng maka kekurangan kita akan ditutupi oleh kawan2 kita, dan kelebihan kita dapat kita sebarkan ke kawan2 kita. Sehingga kita gak stres sendiri ketika dihadapkan pada soal yang sulit.

.   10. Mintalah doa orang tua (jika masih ada), minta doa agar kita selalu tenang dalam menjalani perkuliahan. Dan jaga hubungan baik dengan orangtua kita, kalo ortu dah ridho ma kita, pasti hati kita akan tenang. Dan selalu ingat lah bahwa orang tua kita telah bekerja keras membanting tulang demi mencari uang untuk biaya kuliah kita, masak kita mau mengecewakan mereka.

    11. Tentu saja jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, karena Dia lah Zat Yang Maha Agung, yang memberikan cobaan bagi setiap umat manusia , dan mintalah agar diberikan ketegaran hati.Yakinlah bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi apa yang hambaNya sanggupi.

     12. Yang terakhir adalah SEMANGAT teman! Yakin lah kalau kalian pasti bisa, buatlah hidup mu se enjoy mungkin tanpa harus meninggalkan apa yang menjadi kewajiban kita.





semangat baru

0 komentar:

Posting Komentar

 

Chacha Mari Cha Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare

welcome to chacha blog.