Sabtu, 08 Januari 2011

SEBUAH REFLEKSI DAN RESOLUSI

Diposting oleh Raissa Indah Hanjani di 09.14
Reaksi: 

 Di tahun baru ini saatnya kita  kembali menumbuhkan semangat baru dan perjuangan baru,  Tiada ucapan selamat tahun baru yang lengkap tanpa meninjau apa yang kita sebut sebagai refleski dan  resolusi awal tahun. Rasanya sudah tidak asing lagi kebiasaan awal tahun di mana kita diajak memantabkan  tekad, menanam suatu harapan, dan memasang target untuk mencapai suatu perubahan.  Resolusi awal tahun adalah proses menggodok semangat juang dalam hidup, supaya nantinya kita bisa mengukur sejauh mana kemajuan dan pengembangan diri kita dari tahun ke tahun. Ada juga yang mengatakan bahwa resolusi Tahun Baru adalah hal yang sangat pribadi. Kita biasanya menentukan suatu tekad, yaitu bisa berupa penghentian suatu kebiasaan yang tidak kita sukai, atau, kita akan memulai melakukan sesuatu yang kita inginkan. Intinya adalah tekad bulat untuk melakukan suatu “perubahan positif” dalam diri pribadi kita.
Dalam penetapan suatu Resolusi  adalah  adanya kesadaran tentang apa yang akan kita lakukan di tahun yang baru. Kenapa sebaiknya kita membuat Resolusi? Karena inilah saatnya kita ambil keputusan dengan  tekad  bulat untuk membuat diri kita lebih baik. Kadang kita terlalu mudah untuk menginginkan suatu situasi yang lebih baik, sehingga kita begitu saja membuat Resolusi Tahun Baru, padahal kenyataannya itu sesuatu yang sulit dilaksanakan. Untuk itu lebih baik kita mulai dari hal yang paling mudah, yang penting bisa dilaksanakan. Baru kemudian kita menambahinya kemudian. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita dalam memotivasi diri agar lebih survive kedepannya.
Sebetulnya membuat Resolusi tidak harus di tahun baru. Kita bisa membuatnya kapan saja sewaktu kita siap. Namun pergantian tahun membuat kita lebih termotivasi untuk menetapkan Resolusi. Tahun Baru juga dimaknai bahwa kita akan membuat sesuatu yang baru. Jadi apa saja resolusi awal tahun Anda? Mari kita lihat rutinitas yang biasa terjadi di perbatasan antara akhir tahun dan awal tahun. Pertama, tidak ada resolusi awal tahun yang afdol tanpa refleksi akhir tahun.Pada penghujung tahun, kita menengok resolusi yang telah dibuat pada tahun sebelumnya. Kita tepuk bahu kita sendiri atas niatan yang telah tercapai, dan kita pindahkan semua niatan yang belum tercapai sebagai kandidat penghuni daftar resolusi tahun selanjutnya. Sehingga Harapan Tahun Baru ini Kita akan memiliki visi baru, misi baru, hidup baru, hari baru yang akan lebih baik dari hari kemarin.

No regret about the past…
No fear about the future…
New hopes & dreams in 2011…
Thankful to God for His blessings in 2011…
Happy New Year !!



0 komentar:

Posting Komentar

 

Chacha Mari Cha Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare

welcome to chacha blog.